Tuesday, October 8, 2013

Tetap Memuji Tuhan





Hans Lijie adalah salah seorang hamba Tuhan dari kota Berlin yang pernah merasakan kekejaman yang dilakukan pemerintah Hitler. Satu kali, ia didatangi agen rahasia Nazi yang llu menangkapnya. Ia dijebloskan dalam penjara yang sudah sesak. Namun, di satu hari Minggu, Hans mulai bertelut serta berdoa. Ia bersiul menyenandungkan pujian bagi kebesaran Tuhan. Ternyata siulan itu segera disambut dengan siulan-siulan dari sel-sel penjara lain. Semuanya menyuarakan pujian bagi Tuhan!

Maka, terjadilah suasana yang aneh, penjara itu dipenuhi siulan yang riuh rendah. Ternyata, di dalam penjara itu banyak orang-orang Kristen yang sedang menderita. Saat itu terjadilah kebangunan rohani di penjara tersebut. Dan ketika pendeta Hans Lijie dilepaskan dari penjara, ia justru berkata bahwa hari-harinya di dalam penjara merupakan hari-hari yang penuh dengan keindahan dan patut dikenang sepanjang masa.

Memuji Tuhan ketika kita dalam keadaan baik adalah hal yang mudah. Tapi, jjur saja sanggupkah kita tetap memuji Dia ketika persoalan, sakit, dan pergumulan hidup bertubi-tubi datang menyerang kita? Sering kali yang keluar dari mulut kita saat itu adalah keluhan-keluhan yang meratapi kondisi kita, Padahal, bahkan ketika kita sedang masuk dalam 'penjara' masalah seperti itu, Tuhan bukannya tidak hadir. Kisah Hans Lijie ataupun pengalaman Paulus dan Silas yang kita baca hari ini adalah buktinya. Bahkan, bukans atu kemustahilan bagi Tuhan untuk membuat sebuah penjara sebagai tempat untuk mengadakan kebangunan rohani. Dan itu tergantung pada respons kita!

Jika Pdt. Hans tidak mengawali siulan pujian atau jika Paulus dan Silas tidak mulai membuka mulut untuk memuji Tuhan, atau jika mereka justru mengeluh, maka kejadiannya bisa lain.

Kita tidak akan mengalami kemenangan ketika kita tidak mau terjun ke medan pertempuran. Sekali waktu, Tuhan bisa mengizinkan kita untuk 'dipenjara' atau berada di tengah padang gurun sebagai cara agar Ia dapat mendemonstrasikan kuasa-Nya. Karena itu, apapun keadaan anda saat ini, mari gantikan keluhan dengan pujian, karena dalam pujian ada kelepasan, dan sukacita!


Justru saat kita berani memalui masalah, maka Tuhan akan memberikan kemenangan.

1 comment: