Sunday, March 20, 2016

Lamanya Menanti Tuaian

(Renungan Galatia 6:1-10)




Galatia 6:1-10
"Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah."

Ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari hukum tabur tuai. Yang paling sering kita dengar tentang hukum ini adalah siapa menabur pasti dia akan menuai, siapa menabur banyak akan menuai banyak. Namun selain hal itu, lamanya waktu kita menunggu tuaian juga sangat menentukan seberapa besar kita akan menuai. Jika ingin cepat-cepat menuai, maka besar tuaiannya juga sedikit. Jika ingin menuai cepat-cepat, tabur saja kacang hijau. Hanya dalam waktu lima hari kita sudah bisa menuai kecambah, tapi ya dapatnya harga kecambah yang sangat murah. Jika ingin menuai sedikit lebih lama, kurang lebih 3 bulanan, tanamlah padi, dan kita akan mendapatkan harga padi yang jauh lebih mahal daripada kecambah. Namun jika kita mau bersabar dan mau menunggu sampai tujuh tahun, tanamlah durian, maka ketika panen kita dapat tuaian durian yang sangat mahal.

Jangan pernah berhenti menabur hanya gara-gara kita tak kunjung menuai. Kalau kita sudah menabur dan tidak kunjung menuai, sabarlah sebab barangkali kita akan menuai sesuatu yang besar. Apa jadinya jika kita tidak sabar dalam masa penantian itu, apalagi kita memutuskan berhenti untuk memelihara iman terhadap benih yang kita tabur? Kita pasti gagal menikmati tuaian yang sebenarnya sudah Tuhan siapakan bagi kita!

Janji Tuhan kadang kala tidak dipenuhi secara instan. Kadang kala butuh waktu lama, bahkan sangat lama. Namun semakin lama kita menunggu dengan setia, yakinlah bahwa berkat-Nya pasti berbeda! Abraham menunggu janji Tuhan selama 25 tahun. Yusuf menunggu janji Tuhan selama 13 tahun. Daud juga menunggu waktu bertahun-tahun sebelum akhirnya ia menjadi raja Israel. Butuh waktu lama untuk menikmati tuaian. Tapi, lihatlah apa yang mereka dapatkan dalam tuaian itu: Abraham diberkati dengan keturunan yang banyak. Yusuf diberkati diangkat menjadi pemimpin di Mesir. Daud diberkati dengan menjadi raja Israel. Jangan pernah kehilangan pengharapan di saat kita diperhadapkan dengan penantian panjang. Semakin lama waktu tuaian, semakin besar berkatnya. Asal kita tetap setia dan terus berharap kepada-Nya.

"Lamanya kita menunggu tuaian juga menentukan besar kecilnya tuaian itu."

No comments:

Post a Comment